RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 5 Liliriaja
Kelas / Semester : 8 / Ganjil
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Tema / Topik : Dinamika Kependudukan dan
Pembangunan Nasional
Sub .Tema : Jumlah dan pertumbuhan,
komposisi , serta persebaran dan migrasi
Penduduk .
Pertemuan ke : 1
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
A. Kompetensi
Inti
1.
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
2.
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
3.
|
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural)berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
4.
|
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai,merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca,menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolahdan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori.
|
B. Kompetensi
Dasar
1.1
|
Menghayati
karunia Tuhan YME yang telah
menciptakan waktu dengan segala
perubahannya.
|
2.1. | Menunjukkan perilaku jujur,disiplin, tanggungjawab,peduli ( tolerasi dan gotong royong ),santun,percaya diri, dalam bentuk interaksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. |
3.4.
|
mendeskripsikan bentuk-bentuk dan sifat dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam,sosial , budsaya dan ekonomi
|
Indikator
-
Menjelaskan jumlah penduduk Indonesia
-
Menjelaskan pertumbuhan penduduk Indonesia
|
|
4.2.
|
Menggunakan berbagai strategi untuk
memecahkan masalah yang berkaitan
dengan fungsi peran kelembagaan sosial
, budaya, ekonomi dan politik di lingkungan
masyarakat sekitar.
|
Indikator
-
Mengamati data penduduk Indonesia per
sensus.
-
Mempresentasikan data penduduk Indonesia
per sensus
-
Mempresentasikan dampak jumlah penduduk yang besar dan cara
mengatasinya.
-
Mempresentasikan cara menghitung
pertumbuhan penduduk alami, non alami dan total.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
a. Mendeskripsikan
penyebab terjadinya pertambahan penduduk yang tinggi.
b. Mendeskripsikan
cara pengendalian jumlah penduduk.
c. Mendeskripsikan
cara menghitung pertumbuhan penduduk alami , migrasi dan total.
d. Mengidentifikasi
akibat ledakan penduduk .
e. Memiliki
rasa peduli terhadap keadaan sosial masyarakat sekitar.
D. Materi
Pembelajaran
-
Jumlah Penduduk
-
Pertumbuhan penduduk
E. Metode
Pembelajaran
a.
Pendekatan SAINTIFIK
b.
Metode :
i. Problem
Based Learning
ii. Coopetarive
learning
F.
Media , alat dan sumber pembelajaran
a. Media
: Video tentang jumlah penduduk /data penduduk persensus.
b. Alat : Komputer , LCD , Slide
c. Sumber
pembelajaran : Buku IPS SMP Kelas 8
G. Langkah
– langkah pembelajaran
1)
Kegiatan Pendahuluan
|
2)
Kegiatan Inti
1. Mengamati
|
Peserta didik diminta menelaah data
penduduk Indonesia dari tahun ke tahun , permasalahan akibat jumlah penduduk
yang besar.
|
2. Menanya
|
Tanya jawab antar guru dengan siswa
tentang penyebab pertambahan penduduk yang besar , cara mengendalikan jumlah penduduk , cara menghitung
pertumbuhan penduduk dan akibat ledakan penduduk .
|
3.Mengumpulkan
data / informasi
|
1. Peserta
didik membaca buku siswa dan referensi lain yang berkaitan dengan penyebab
pertambahan penduduk yang tinggi,cara mengendalikan jumlah penduduk , cara menghitung
pertumbuhan penduduk dan akibat ledakan penduduk .
2. Peserta didik menganalisis data
kependudukan Indonesia.
|
4. Mengasosiasi
|
a. Peserta didik mengolah dan menganalisis
data atau informasi yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber untuk
menjawab pertanyaan yang telah
dirumuskan (
menyempurnakan jawaban sementara yang
telah dirumuskan dalam kelompok ) .
b. Peserta
didik mendiskusikan dalam kelompok
untuk mengambil kesimpulan dari
jawaban atas pertanyaan yang telah dirumuskan .
|
5. Mengomunikasikan
|
a. Peserta didik dalam kelompok diminta mempresentasikan hasil simpulan dari
jawaban atas pertanyaan yang
telah dirumuskan .
b. Kelompok
lain diminta memberikan tanggapan atas hasil simpulan kelompok yang presentasi .
|
3)
Penutup
1.
Kesimpulan
|
Peserta didik bersama guru membuat
kesimpulan atas jawaban dari pertanyaan .
|
2. Evaluasi
|
Tuliskan 2 ( dua ) penyebab
pertambahan penduduk yang tinggi .
|
3. Refleksi
|
a. Peseerta didik menjawab pertanyaan
reflektif
b. Apakah pembelajaran hari ini
menyenangkan ?
c.Pengetahuan
berharga / baru apa yang kamu peroleh pada pembelajaran hari ini ? bagaimana
sebaiknya sikap kita kalau memperoleh sesuatu yang berharga / baru .
d.
Menyampaikan materi yang akan datang
|
H. Penilaian
a. Teknik : Penilaian sikap, pengetahuan dan
keterampilan
b. Bentuk : Rubrik penilaian
sikap, Butir pertanyaan dan rubric penilaian
Keterampilan presentasi dan diskusi .
c. Instrumen
:
1.
PENILAIAN SIKAP ( MELALUI OBSERVASI )
Mata Pelajaran : IPS
Kelas / Semester : VIII / 1
Tema :
Dinamika kependudukan dan pembangunan nasional
Sub
Tema : Jumlah dan pertumbuhan,
komposisi , serta persebaran dan migrasi
Penduduk .
Indikator :
Menjelaskan
jumlah penduduk Indonesia .
Menjelaskan
pertumbuhan penduduk Indonesia
Rubrik Penilaian Sikap
No.
|
Nama
|
Sikap
Spritual
|
Sikap
Sosial
|
Total
nilai
|
||
Menghayati
ajaran agama
|
Menghayati
karunia Tuhan
|
Tanggung
jawab
|
Kerjasama
|
|||
1 - 4
|
1 – 4
|
1 - 4
|
1 - 4
|
|||
Jumlah
skor
Nilai = ----------------------------- x 100
16
Dengan Predikat :
PREDIKAT
|
NILAI
|
Sangat Baik ( SB)
|
80 ≤ AB ≤ 100
|
Baik (B)
|
70 ≤ B ≤
79
|
Cukup (C)
|
60 ≤ C
≤ 69
|
Kurang
(K)
|
<60
|
2.
PENILAIAN PENGETAHUAN
No
|
Butir
Pertanyaan
|
1.
|
Bagaiman akah cara mengatasi
pertambahan penduduk yang tinggi ?
|
2.
|
Bagaimana cara mengendalikan jumlah
penduduk ?
|
3.
|
Diketahui jumlah penduduk kota
Beringin pada tahun 2012 adalah
200.000 jiwa.Angka kelahiran 20
perseribu penduduk , sedangkan angka
kematian 7 perseribu penduduk .Berapakah pertumbuhan penduduk kota Beringin .
|
4.
|
Apakah kerugian Negara yang memiliki
jumlah penduduk yang besar ?
|
-
Tiap nomor diberi nilai 2,5
-
Nilai pengetahuan = jumlah Nilai yang diperoleh
3.
PENILAIAN KETERAMPILAN
Rubrik Penilaian Keterampilan (
Presentasi )
No
|
Nama peserta
didik
|
Kemampuan
presentasi
( 1 – 4 )
|
Kemampuan
bertanya
( 1 – 4 )
|
Kemampuan menjawab
( 1 – 4 )
|
Jumlah nilai
|
Keterangan
:
1) Nilai
terentang antara 1 – 4
1
= Kurang
2
= Cukup
3
= Baik
4
= Amat baik
2) Nilai
= jumlah nilai dibagi 4
Rubrik
Penilaian Keterampilan ( Diskusi )
No
|
Nama
|
Mengemunikasikan
( 1 – 4 )
|
Mendengarkan
( 1 – 4 )
|
Beragumentasi
( 1 – 4 )
|
Berkontribusi
( 1 - )
|
Jumlah
Nilai
|
Keterangan :
1) Nilai
terentang antara 1 – 4
1
= Kurang
2
= Cukup
3
= Baik
4
= Amat baik
2) Nilai
= jumlah nilai dibagi 4
…………………………2014
Mengetahui
Kepala SMP…………………………….
----------------------------------- -----------------------------------
NIP. NIP.
Lampiran :
LEMBAR KERJA KELOMPOK
Tema : Dinamika penduduk dan
pembangunan nasional
Sub tema :
Jumlah dan pertumbuhan penduduk,komposisi, persebaran dan migrasi penduduk.
Kelompok :
1.
2.
3.
4.
Tahun
|
Jumlah
penduduk
|
Jumlah
kenaikan /
Penurunan
( jiwa )
|
Kenaikan
/penurunan
(
Persen )
|
1971
|
119.208.229
|
||
1980
|
147.490.298
|
28.282.069
|
23,72
|
1990
|
179.378.946
|
||
2000
|
206.264.595
|
||
2010
|
237.641.326
|
||
Pertambahan rata-rata jumlah penduduk tiap 10 tahun
|
1.
Apakah jumlah penduduk mengalami kenaikan atau
penurunan ?
2.
Hitunglah jumlah kenaikan atau penurunan pada
setiap periode !
3.
Tuliskan hasil perhitungan kalian pada table di
atas !
LEMBAR KERJA KELOMPOK
Tema :
Dinamika penduduk dan pembangunan nasional
Sub tema :
Jumlah dan pertumbuhan penduduk,komposisi, persebaran dan migrasi penduduk.
Kelompok :
1.
2.
3.
4.
Tugas : Diskusikan
bagaimana cara mengatasi permasalahan
akibat jumlah penduduk yang besar
dan tuliskan hasilnya pada table berikut !
No.
|
CARA MENGATASINYA
|
1
|
|
2
|
|
3
|
|
4
|
|
5
|
|
6
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar